Jumat, 03 Maret 2017

Pesona keindahan Bukit Lawang, siap mewarnai nuansa liburanmu


UNITED4D - Bukit Lawang merupakan sebuah wisata alam di daerah Leuser – Sumatra Utara yang memiliki daya tarik dengan satwa langkanya yakni Orangutan Sumatra asli dan panorama hutan hujan tropis. Bukit Lawang sejatinya merupakan sebuah Pusat Pengamatan Orangutan Sumatra, namun seiring perkembanganya lokasi ini menjadi obyek wisata kamulan di Sumatra Utara yang ramai dikunjungi para wisatawan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara.

Baca Juga : 

Wow, 5 Negara Ini Disebut-sebut Sebagai Negara Terindah Di Dunia!



Bukit lawang terletak di Desa Perkebunan Bukit Lawang – Bahorok Langkat – Sumatra Utara yang memiliki luas sekitar 200 hektar. Untuk menuju ke Bukit Lawang, kamu dapat menempuhnya dengan menggunakan perjalanan darat dari kota Medan menuju kota Binjai dengan waktu tempuh sekitar 2,5 jam dari kota Medan.
Wisata alam Bukit Lawang dibelah oleh sungai Baharok yang merupakan anak Sungai Wampu, di area Bukit Lawang terdapat bebearap goa yang terbentuk dari proses alam. Di dalam area wisata Bukit Lawang  pengunjung dapat melakukan rafting di sepanjang sungai Baharok ataupun mengunjungi penangkaran Orangutan.

Selain fasilitas yang lengkap, biaya masuk juga sangat ramah di kantong


Tiket masuk Obyek wisata Bukit Lawang sangatlah terjangkau, tiket masuk per orang hanya Rp 5.000, dan bagi kamu yang berkendara motor dikenakan biaya parkir Rp 10.000,- saja, sedangkan untuk pengendara mobil dikenakan biaya parkir  Rp 20.000.
Bagi para pengunjung yang ingin mengunjungi tempat penangkaran Orangutan di kawasan Bukit Lawang, dapat ditempuh dengan berjalan kaki  menyusur sungai dengan jarak tempuh sekitar 20 menit saja.  Setelah itu pengunjung dapat melanjutkan dengan menyeberangi sungai dengan perahu kecil yang bertali, perahu tersebut memang telah disiapkan oleh pengelola wisata Bukit Lawang untuk kebutuhan wisatawan maupun polisi hutan yang ingin menuju ke penangkaran Orangutan tersebut.


Tempat pusat penangkaran Orangutan ini dibuka dalam dua sesi, yakni pada pukul 09.00 WIN hingga 10.00 WIB, dan untuk sesi kedua dibuka pada jam 15.00 WIB sampai 16.00 WIB. Jadi disarankan apabila kamu ingin menuju ke penangkaran Orangutan di haruskan datang pada jam tersebut.
Maksud dari adanya dua sesi jam tersebut merupakan waktu dimana Orangutan yang terdapat di dalam penangkaran Bukit Lawang diberi makan, sehingga kita tidak bisa seenaknya saja menuju ke pusat penangkaran tersebut. Pemberian makanan kepada Orangutan sangat ketat, hal itu merupakan salah satu upaya dari pengelola untuk pencegahan penyakit kepada Orangutan, jadi para pengunjung tidak disarankan memberi makn sembarangan terhadap para Orangutan tersebut serta diminta agar tidak berbicara dengan nada keras, karena dapat mengganggu kenyaman dari Orangutan tersebut.
Di area Bukit Lawang, juga terdapat penginapan yang dapat kamu sewa untuk beristirahat dilokasi tersebut. Tarfinya berkisar sekitar Rp 100.000 hingga Rp 500.000 per malam. Selain itu fasilitas lain dari Bukit Lawang juga terdapat rumah makan, areal camping ground, viewing centre, terminal, dan masih banyka lagi. Dan sebagi tambahan, taman wisata Bukit Lawang yang terletak di Sumatra Utara ini telah menjadi daerah wisata hutan hujan tropis yang cukup terkenal di Mancanegara.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar