Rabu, 03 Mei 2017

Ini Dia Tempat Diving Keren di Karimunjawa!


UNITED4D - Nama Pulau Menyawakan di Karimunjawa mungkin masih belum populer di kalangan traveler. Namun di sana, traveler bisa menemukan air sebening kaca!
 
Baca Juga :

Danau Natron Yang Mematikan di utara Tanzania


detikTravel mendapat kesempatan untuk berkunjung ke Karimunjawa atas undangan Kemenpar pekan lalu. Menjelajahi perairan Menyawakan, detikTravel diving di tempat yang keren banget, namanya Spot Taka.

Spot Taka ini memiliki air yang sebening kaca. Enggak percaya? Lihat saja sendiri.

Memiliki air yang berwarna biru muda dan berarus tenang, traveler bisa melihat dasar laut yang memiliki kedalaman sekitar 15 meter. Layaknya kebun bunga, karang-karang bermekaran di dasar laut.

Ikan-ikan cantik yang sedang schooling pun terlihat di atas karang. Traveler bisa merekam aksi schooling mereka dengan berenang dengan perlahan di belakang ikan.

Anemon dan nemo pun terlihat di dasar paerairan. Instagrammable banget!

Bukan cuma punya air yang bening. Spot ini juga menyimpan bangkai kapal. Sudah hancur parah, bangkai kapal ini hanya tinggal pinggiran kapal yang melengkung sepanjang sekitar 7 meter.

Traveler bisa melihat pemandangan bawah laut yang super jernih. Ujung-ujung kapal pun akan terlihat dengan jelas, saking jernihnya.

Karang-karang kecil yang berkelompok terlihat menutupi sisa-sisa badan kapal. Jadi penasaran dengan masa lalu kapal ini.

"Ada 2 versi, ada yang bilang itu kapal tongkang, ada juga yag bilang itu kapal pengangkut. Tapi enggak ada yang tau ngangkut apa," ujar Suratman, pemandu diving kami.

Menurut mitos, jika ada orang jahat yang ingin meninjakkan kaki di Karjaw, maka merka akan melihat Karjaw sebagai kota yang gemerlapan. Pelaut yang melihatnya akan mengganggap Karjaw sebagai kota besar.

"Begitu mendekat ke Karjaw, mereka akan tenggelam dan karam secara misterius," tutup Suratman.


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar