Rabu, 31 Mei 2017

Ukuran Payudara Kanan dan Kirimu Berbeda? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!


UNITED4D - Jika diperhatikan, ada sejumlah bagian di tubuh kita yang tak simetris ukurannya. Mulai dari bentuk dan ukuran sepasang mata, alis, jari kaki kiri dan kanan hingga kedua payudara,

Baca Juga :

Sensasi Kolam Renang Terdalam di Dunia


Bicara soal payudara, benarkah bentuk payudara, kanan dan kiri yang berbeda itu normal? Mungkinkah ukuran berbeda pada payudara, berisiko menimbulkan penyakit?
“Ya, umumnya payudara, sebelah kiri lebih besar dibanding yang kanan. Ini karena keberadaan organ jantung di sebelah kiri,” kata Dokter Vera Nevyta T., Sp.Rad. dari RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta.
Tapi, bukan berarti bedanya jauh, ya, Bisa juga perbedaan itu karena tulang belakang yang bengkok (skoliosis), bentuk rongga toraks yang tidak simetris karena bawaan dari lahir, dan sebagainya.
Namun, jika semakin hari perbedaan kiri dan kanan makin besar, sebaiknya dibawa ke dokter. Yang perlu diketahui adalah sejak kapan payudara, jadi besar sebelah dan makin lama makin besar. Kalau baru-baru saja, pasti ada sesuatu di bawah puting.

Besar sebelah bisa juga karena tumor. Bisa tumor jinak atau tumor jinak yang cenderung ke arah keganasan. “Kalau jadi besar sekali, bisa saja itu tumor filodes.”
Untuk menjaga kesehatan dan bentuk payudara, tak ada salahnya kita mengubah pola hidup lebih sehat dan lakukan beberapa tips berikut:
1. Ukuran Tepat
Pakai bra dengan ukuran yang tepat. Hindari mengenakan push up bra atau dikecilin ukurannya. “sebaiknya sesuaikan dengan ukuran lingkar dada dan cup payudara, yang benar. Malam mau tidur bisa pakai soft support bra supa bentuk tetap terjaga,” kata Vera.
2. Olahraga di Area Dada
Lakukan olahraga seperti senam untuk mengencangkan otot-otot daerah dada.
3. Hindari Hal Ini
Jalankan pola hidup yang sehat. Hindari kafein, hindari rokok karena bisa memicu inflamasi, kurangi lemak, banyak minum air putih, antioksidan seperti buah dan sayur.
4. Rutin Periksa
Kenali tubuh sendiri, salah satunya dengan melakukan Pemeriksaan Payudara Sendiri.
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar