Kamis, 16 Februari 2017

BERBAGAI KULINER DAERAH DI INDONESIA

Mie Bangka


Mie Bangka merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah Bangka. Mie Bangka ini menggambarkan ciri khas masyarakat pulau Bangka. Mie ini terbuat dari bahan dasar mie basah yang berwarna kuning yang biasanya disiram dengan kuah yang berbumbu. Kuah ini terbuat dari campuran ikan, udang, cumi-cumi atau kepiting. Adakalanya makanan ini ditambah dengan toge atau kecambah, mentimun atau timun serta kerupuk. Masakan ini biasanya dihidangkan dalam keadaan panas yang sangat lezat dengan sensasi pedas dari cabenya dan kamu juga harus coba.



Ayam Betutu


Masakan ini merupakan salah satu masakan khas Indonesia dari daerah Bali. Ayam Betutu sangat banyak diproduksi oleh orang-orang Bali di daerah Desa Melinggih, kecamatan Payangan Kabupaten Gianyar. Makanan ini terbuat dari bahan dasar daging ayam yang utuh, kemudan daging ini biasanya di bubuhi bumbu yang diletakkan di bagian tengah dari ayamnya. Setelah itu, daging ini dipanggang dengan api sekan dan siap untuk dihidangkan. Kebanyakan dari orang terheran-heran cara memanggangnya karena begitu sangat lembut daging yang telah terpanggang seperti daging yang telah dikukus.


Ayam Taliwang


Kuliner khas Lombok ini merupakan salah satu makanan yang terpopuler di Lombok. Makanan ini disebut dengan Ayam Taliwang. Sudah jelas bahan utamanya adalah Ayam, ayam yang digunakan adalah ayam kampong yang masih muda agar semakin enak. Ayam ini biasanya diolah dan dimasak dengan berbagai pilihan seperti dipanggang/dipakar dan digoreng. Bumbu yang digunakan ayam Taliwang ini sangat lezat yang terletak dari rasanya yang sangat pedas .


Kerak Telor



Makanan khas dari Jakarta yang satu ini sebenarnya merupakan perpaduan dari kuliner Portugis. Kerak telor mudah ditemui di Jakarta terutama pada saat diadakannya  Pekan Raya Jakarta bahkan kerak telor acap kali dijadikan simbol kuliner klasik budaya Betawi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar