Senin, 10 April 2017

Museum Of the Alphabet, di Amerika Serikat.


UNITED4D - Seperti apa asal muasal alfabet yang kita pakai untuk menulis? Traveler bisa mencari tahu di Museum of the Alphabet, di Amerika Serikat.
 
Baca Juag :

Arloji Italia Bergaya Sporty dengan Harga Kita-kita


Di Kota Waxhaw, North Carolina traveler dapat melihat asal mula huruf dari berbagai negara. Berjarak 40 menit naik mobil di Kota Charlotte, ibukota North Carolina, Museum of the Alphabet melestarikan bahasa-bahasa yang ada di dunia.

Dilansir detikTravel dari berbagai sumber, Rabu (22/3/2017), terdapat 7.000 bahasa di dunia yang sepertiga abjadnya masih kurang dalam hal penulisan. Museum ini pun bergerak untuk melestarikannya.

Ratusan orang terlibat dalam pendirian Museum of the Alphabet yang menyumbangkan waktu hingga bakat mereka. Berdiri di atas lahan sekitar 1,5 hektar, museum ini disponsori oleh organisasi Wycliffe, SIL, dan JAARS yang telah menyediakan pameran multimedia di dalamnya.

Di museum ini pula diceritakan kisah pembuatan alfabet mulai dari yang kuno hingga ke zaman modern. Terdapat berbagai hal pendukung, seperti foto-foto, lukisan, patung, dan kain tenun sehingga dapat membantu pengunjung memahami informasi yang tersedia.

Pada mulanya, museum ini didirikan pada tahun 1991. William Cameron Townsend adalah pencetusnya. Ia berniat untuk menerjemahkan Alkitab ke dalam bahasa yang paling mudah untuk dimengerti. Townsend kemudian mendirikan Jungle Aviation dan JAARS untuk menyebarkan hasil terjemahannya itu ke daerah-daerah terpencil. Organisasi JAARS pula lah organisasi yang mengurus Museum of the Alphabet.

Dalam Museum of the Alphabet menampilkan kronologi lengkap mengenai sejarah bahasa dalam tulisan. Ada 12 galeri di dalam bangunan ini. Masing-masing ruangan dalam museum dikhususkan untuk bahasa atau kategori bahasa tertentu, seperti bahasa Yunani, Arab, Ibrani, Cyrillic, dan Afrika.

Selain itu, traveler dapat mempelajari bagaimana bahasa minoritas didokumentasikan dengan menggunakan sistem abjad baru, yakni menggunakan International Phonetic Alphabet. Contoh bahasa minoritas yakni dari masyarakat Gullah dari Amerika Serikat bagian tenggara.

Jika traveler berkesempatan jalan-jalan ke negeri Paman Sam jangan lupa dengan museum ini ya! Jalan-jalan sambil belajar tidak ada salahnya kok.

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar