Sabtu, 29 April 2017

Panduan Agar Anda Tak Tertipu Saat Belanja Online



 UNITED4D - Di zaman dengan teknologi yang serba modern ini, banyak tersedia teknologi canggih yang dapat mempermudah aktivitas.
Baca Juga : 
Bukan semata untuk mengerjakan urusan kantor, teknologi ini juga bisa memudahkan kita saat berbelanja. Sekarang, tak perlu repot lagi menerobos macet untuk membeli suatu barang langsung ke tokonya. 
Cukup dengan internet, barang yang diinginkan bisa langsung dipilih dan tinggal tunggu dikirim ke alamat kita. Kegiatan ini lebih dikenal dengan istilah belanja online, alias online shopping.
Namun sayang, seiring dengan berkembangnya online shopping ini, modus-modus kejahatan pun semakin berkembang. Mungkin Anda sering mendengar, kasus penipuan melalui online shopping sangat marak belakangan ini.
Agar kejadian itu tak terjadi pada Anda, maka harus hati-hati memilik tempat belanja agar tak tertipu saat belanja online, 
Nah, simak tips agar tak tertipu saat belanja online, berikut ini agar Anda bisa memilih dan menunggu barang sampai dengan aman dan nyaman.
1. Website Terpercaya
Sebelum memulai belanja online, cari tahu dulu di manakah website jual-beli yang terpercaya? Coba browsing dengan saksama. Pelajari, bagaimana cara kerja toko online yang akan Anda akses.
Ada banyak e-commerce yang punya jaringan internasional dan diakui keamanannya. Ebay adalah salah satu produk internasional yang sudah masuk ke Indonesia.
Ada juga jd.id yang merupakan jaringan dari jd.com, commerce ternama dari negeri China.
2. Hindari Harga yang Terlalu MiringJangan terlalu tergiur dengan harga yang terlalu miring ataumurah, karena harga yang terlalu murah itu justru patut dicurigai.Pasalnya, harga pasti sebanding dengan kualitas. Sehingga tak mungkin seorang penjual mau menjual barang berkualitas dengan harga yang terlalu murah. Karena jelas, itu bisa merugikan mereka. Hal ini yang patut diwaspadai di commerce berbentuk marketplace.
3. Kenali ProdukKalau ingin membeli suatu produk, sebaiknya browsing dulu mengenai produk yang ingin dibeli. Kenali tentang produk tersebut, apa saja kelengkapannya, dan berapa kisaran harga umumnya.Jd.id, memberikan informasi lengkap seputar sebuah produk yang ia jual. Mulai dari spesifikasi, foto produk, dan kelengkapannya, untuk dijadikan bahan perbandingan. Sehingga, pembeli bisa mencocokkannya dengan info yang didapat di luaran.
4. COD (Cash On Demand) COD, biasa juga disebut sebagai Cash on Delivery, merupakan istilah yang sering digunakan anggota forum ketika seorang pembeli ingin bertemu dengan penjual.Jadi COD ini adalah kegiatan tranksaksi secara langsung di suatu tempat antara pembeli dan penjual. Cara ini merupakan cara paling aman agar kita tak tertipu saat belanja di forum. Jika seorang penjual keberatan diajak COD sebagai metode pembayaran, maka bisa jadi mencurigakan. Apalagi kalau lokasi Anda dan penjual berdekatan.
5. Rekber (Rekening Bersama) 
Rekber adalah salah satu jasa yang menjadi perantara antara pembeli dan penjual di forum jual beli ataupun situs commerce Classified. Dengan adanya rekber, tindak penipuan bisa diminimalkan.
Karena dengan adanya rekber, uang yang ditransfer akan ditahan oleh pihak rekber, sehingga uang Anda tak langsung sampai ke penjual.
Dengan kata lain, uang tersebut baru disampaikan ke penjual setelah barang sampai di tangan Anda. Maka, sebisa mungkin gunakanlah rekber saat melakukan transaksi online. Tapi, cari juga rekber yang terpercaya. 
6. Kenali Penjual
Lagi-lagi tips agar tak tertipu saat belanja online, di commerce jenis Classified maupun forum jual beli.
Di sini perlu ada sedikit skill kepo alias mengetahui semua hal terkecil pun tentang informasi yang bersangkutan, sebelum membeli produk. Di antaranya, cari tahu asal usul penjual, website, testimonial, reputasi, dan lainnya. 
Diharap ekstra hati-hati kalau penjual masih tergolong baru sehingga belum ada testimonial atau reputasinya. Pasalnya, informasi tentang toko tersebut pasti sulit dicari.
Jika tak ingin repot, beralih saja ke commerce terpercaya. Karena kalau reputasinya sudah banyak dikenal, maka ia akan lebih mudah dimintai tanggung jawab bila terjadi hal yang tak diharapkan.
7. Simpan Bukti Pembayaran 
Bukti pembayaran, struk transfer atau kartu kredit, email maupun SMS konfirmasi, harus selalu disimpan sampai barang keterima sesuai permintaan. 
Simpan bukti pembayaran tersebut baik-baik. Agar bisa jadi acuan saat terjadi kesalahan saat pengiriman. Untuk yang hobi belanja di Classified maupun Forum Jual Beli, hal yang sama pun berlaku untuk Anda.
Ini penting sebagai bukti apabila Anda menjadi korban penipuan . 
Setelah menyimak cara agar tak tertipu saat belanja online, semoga, sekarang aktivitas belanja online, Anda bisa lebih aman, nyaman, dan menyenangkan!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar